Senin, 12 Juli 2010

Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan dikalangan Mahasiswa

MATA KULIAH
BERBICARA
MENGEMBANGKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DIKALANGAN MAHASISWA
Dosen Pembimbing : Dra.C. Indah Nartani,M.Pd



Marsianto ( 29 001 178 )



PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA
2010



KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan rahmat dan karunia-Nya penyusun bisa diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini. Tidak lupa kami ucapkan terimakasih kepada dosen pembimbing dan teman-teman yang telah memberi dukungan dalam menyelesaikan makalah ini.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca.



DAFTAR ISI

Kata pengantar
Daftar Isi
Bab
Pendahuluan
1. Latar Belakang Masalah
2. TujuanPenulisan
3. Rumusan Masalah
4. Manfaat
Bab II
Pembahasan
1. Pengertian kewirausahaan
2. Langkah-langkah menjadi wirausaha yang sukses
3. Faktor-faktor yang menghambat kewirausahaan
4. Peranan mahasiswa dalam pembelajaran kewirausahaan
5. Peranan mahasiswa dalam mengembangkan dan melaksanakan kewirausahaan
Bab III
Penutup
Kesimpulan
Daftar Pustaka




BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang Masalah
Mengembangkan jiwa kewirausahaan dikalangan mahasiswa merupakan salah satu hal yang penting menjadi kesempatan kerja, pendapatan dan kesejahteraan bagi setiap orang / individu. Dahulu, pola pembelajaran kewirausahaan tidak secara formal dilembagakan. Bekal motivasi dan sikap mental kewirausahaan terbangun secara alamiah, lahir dari keterbatasan dan semangat survival disertai keteladanan kerja keras dari dosen atau model contoh. Mahasiswa yang terlatih tempaan secara fisik dan mental melalui pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari, akan menjadi tangguh untuk mengambil keputusan dan memecahkan masalah. Pribahasa berakit-rakit ke hulu berenang ketepian, dijiwai benar. Mahasiswa menjadi terlatih melihat sisi positif suatu sumberdaya dan transformasikan menjadi manfaat yang nyata. Namun, pola pengembangan kewirausahaan masa lalu dianggap tidak sistematik menghasilkan kewirausahaan. Kewirausahaan lebih ditentukan oleh bakat atau karakter individu, atau bawaan lahir, tidak atas proses yang direncanakan.

2. Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan pembaca tentang seluk beluk kewirausahaan. Terutama dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan dikalangan mahasiswa.

3. Rumusan Masalah
1. Apa Pengertian kewirausahaan ?
2. Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menjadi wirausaha yang sukses ?
3. Apa saja Faktor-faktor yang menghambat kewirausahaan ?
4. Apa Peranan mahasiswa dalam pembelajaran kewirausahaan ?
5. Apa Peranan mahasiswa dalam mengembangkan dan melaksanakan kewirausahaan ?

4. Manfaat
Dengan tulisan ini penyusun mengharapkan agar pembaca dapat memahami apa saja yang dapat dipelajari tentang kewirausahaan, dengan begitu akan terwujud suatu tindakan yang sesuai dan tepat untuk melakukan dan mengembangkan jiwa kewirausahaan tersebut. Sehingga akan terciptanya SDM yang luarbiasa yang terjadi dikalangan mahasiswa.




BAB II
PEMBAHASAN

PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN

Setiap hari dalam kegiatan bisnis kita melakukan usaha / melakukan kegiatan kewirausahaan untuk mendapatkan keuntungan tentunya. Tapi sebelum nya tentu kita ingin tahu apa sih artinya kewirausahaan itu ?!
Apa sih definisi kewirausahaan ? Menurut Para Ahli :
1. Peter F Drucker
Kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda
2. Thomas W Zimmerer Kewirausahaan adalah penerapan kreativitas dan keinivasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari.
3. Andrew J Dubrin
Seseorang yang mendirikan dan menjalankan sebuah usaha yang inovatif.

Jadi Kewirausahaan itu adalah proses mengkreasikan/menciptakan sesuatu dengan menambahkan nilai yang didukung komitmen pada tim dan usaha, memperkirakan kemungkinan finansial, fisik, dan resiko sosial dan menerima hasil berupa finansial, kepuasan dan kebebasan pribadi.


LANGKAH-LANGKAH YANG DILAKUKAN UNTUK MENJADI WIRAUSAHA YANG SUKSES.

1. Memiliki Kemauan
Maksudnya adalah dalam berwirausaha harus memiliki rasa kemauan, memang dalam berwirausaha kita harus mulai dari yang sederhana kecuali jika kita memang memiliki modal besar. Terkadang orang berpikir para usahawan adalah orang yang sudah mapan dan memiliki banyak dana untuk menjalankan usahanya. Tapi apakah memang selalu seperti itu keadaanya? Tentu saja tidak. Dunia wirausaha kini tidak hanya menjadi dunia bagi orang yang mapan dan memiliki banyak modal akan tetapi berwirausaha saat ini dapat juga dilakukan orang-orang kecil bahkan mahasiswa pun bisa melakukannya.Misalnya jika kita masih berstatus sebagai mahasiswa yang terkadang terbentur dengan jadwal kuliah maka solusinya adalah kita berpartner dengan orang lain yang memiliki keahlian, sebagai contoh kita membuka angkringan hotspot dan disana kita bekerjasama dengan penjual angkringan. Inilah salah satu bentuk rasa kemauan. Yang penting kita harus mencoba dan mencari segmen pasar lain.

2. Memiliki visi ( Tujuan )
Seorang wirausaha yang memiliki visi tidak akan takut gagal. Ia sadar akan risiko yang akan dihadapinya tetapi ia tidak mudah menyerah. Karena seorang wirausaha berkeyakinan yang kuat serta stamina untuk mencapai sasarannya dan beranggapan bahwa kegagalan adalah bagian dari proses menuju apa yang ia cita-citakan.

3. Memiliki motivasi yang tinggi
Sumber keberhasilan seorang wirausaha juga terletak pada motivasinya. Dorongannya untuk bisa melakukan, menemukan atau memberi nilai tambah pada produk atau jasanya biasanya lebih besar ketimbang motivasinya untuk sekedar punya bisnis atau mengeruk keuntungan sebesar-besarnya. Wirausaha yang sukses biasanya akan berusaha untuk meninkatkan kecepatan, ketepatan dan kemudahan, tanpa cepat merasa puas.

4. Sikap terhadap uang
Hal yang juga sangat utama dalam berwirausaha adalah sikap terhadap uang. Seorang wirausaha tidak hanya tertantang untuk mendapat uang, tetapi harus bisa memutar bahkan menternakan uang. Ia selalu memikirkan upaya konservasi uang, menyediakan “ cash cushion “ baik untuk investasi ataupun imergensi.

FAKTOR-FAKTOR YANG MENGHAMBAT KEWIRAUSAHAAN

1. Tidak ada kemauan
Maksudnya adalah dalam berwirausaha tidak sungguh-sungguh memiliki rasa kemauan, tidak ingin dari hal yang sederhana. maunya memiliki modal besar baru mau berwirausaha. Tidak mau mencoba hal-hal kecil, selalu berpikir hal tinggi-tinggi.
2. Tidak Memiliki visi ( Tujuan )
Seorang wirausaha yang tidak memiliki visi akan takut gagal. Ia selalu memikirkan risiko yang akan dihadapinya sehingga tidak heran kalau ia cepat mudah menyerah. Karena tidak berkeyakinan yang kuat untuk mencapai sasarannya dan beranggapan bahwa kegagalan adalah kegagalan, sesuatu yang tidak mungkin akan berubah atau tudak akan berhasil ( berpikiran sempit ).
3. Tidak Memiliki motivasi yang tinggi
Seseorang yang hanya memiliki motivasi hanya sekedar utntuk punya bisnis atau mengeruk keuntungan sebesar-besarnya. Tidak memikirkan kesuksesan untuk menigkatkan kecepatan, ketetapan dan kemudahan. Selalu cepat puas dengan apa yang sudah didapat.
4. Tidak memiliki Sikap terhadap uang
Seorang wirausaha yang hanya tertantang untuk mendapatkan uang saja, tetapi tidak dapat memutar bahkan menternakan uang. Sehingga banyak para usahawan yang mengalami kegagalan-kegagalan dalam dunia bisnis.


PERANAN MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN

Pada masa sekarang peranan mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran kewirausahaan menjadi sangat penting. Karena fenomena sekarang menunjukan bahwa kewirausahaan adalah suatu disiplin ilmu yang dapat dipelajari dan diajarkan, sehingga mahasiswa dapat mengetahui ada tiga kompetensi yang perlu dipelajari, yaitu menciptakan kesempatan, menciptakan ide-ide baru yang orisinil dan berani mengambil resiko serta mampu menghitungnya. Peran yang dilakukan perguruan tinggi adalah internalisasi nilai-nilai kewirausahaan, peningkatan keterampilan dalam aspek pemasaran, finansial, dan teknologi, dan dukungan berwirausaha. Dalam konteks pendidikan kewirausahaan, nampaknya partisipasi mahasiswa dan kemampuan perguruan tinggi perlu disinergikan, agar menyediakan layanan sebaik-baiknya, agar melahirkan student kewirausahaan. Dengan demikian, melalui pendidikan dapat direncanakan kebutuhan jumlah maupun kualitas kewirausahaan.
Karakter keilmuan kewirausahaan didisain untuk mengetahui, melakukan, dan menjadi kewirausahaan. Tujuan pendidikan mengetahui dan melakukan terintegrasi didalam kurikulum program studi, terdistribusi didalam mata kuliah keilmuan. Integrasi dimaksudkan untuk internalisasi nilai-nilai kewirausahaan. Sementara itu tujuan yang diberikan dalam pelatihan keterampilan bisnis praktis, mahasiswa dilatih merealisasikan inovasi teknologi ke dalam praktek bisnis.



PERANAN MAHASISWA DALAM MENGEMBANGKAN DAN MELAKSANAKAN KEWIRAUSAHAAN

Program penguatan untuk mendorong aktivitas berwirausaha dan percepatan pertumbuhan wirausaha baru telah dicanangkan pemerintah. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi telah mengembangkan beragam program kewirausahaan. Pada tahun 2009, telah dikenalkan Program Mahasiswa Wirausaha ( PMW ) untuk menjembatani para mahasiswa memasuki dunia bisnis rill melalui fasilitas-fasilitas bisnis yang ada. Disisi lain, aktivitas ekstra kurikuler mahasiswa yang sistematik juga dapat membangun motivasi dan sikap mental kewirausahaan. Pembinaan mahasiswa dalam berbagai kegiatan minat dan bakat, keilmuan, kesejahteraan atau keorganisasian lainya mampu memberikan keterampilan untuk berwirausaha. Sebagai para tokoh politik , CEO atau dalam unit pers ( koran kampus ) juga sukses menjadi wirausaha dalam industri penerbitan. Misalnya mahasiwa tim robotika menjadi tim kreatif jasa industri permesinan. Mahasiswa teknik informatika menjadi wirausaha software house. Mahasiswa dalam forum kajian agama menjadi pendakwah. Mahasiswa pecinta alam menjadi wirausaha jasa outbound.
Pembinaan tersebut mampu melahirkan kreatifitas dan inovasi sebagai energi utama kewirausahaan. Pengalaman dan manfaat ekonomi bisnis tersebut digunakan untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan yang ada dikalangan mahasiswa.



BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN

Dari berbagai pendapat para ahli dan berbagai penjelasan-penjelasan diatas, maka berarti kewirausahaan sangat penting untuk dilakukan dan dikembangkan bukan saja pada masyarakat luas tetapi dikalangan mahasiswa maupun pelajar sangat perlu dikembangkan dan di lakuan.dan melalui berwirausaha kita dapat belajar untuk berpikir yang kreatif dalam berbisnis.

SARAN
Sebagai mahasiswa dan sebagai bangsa Indonesia marilah kita memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang sudah tersedia, sebagai sarana untuk berwirausaha agar terciptanya kesejahteraan dan SDM yang berkualitas pada masing-masing setiap individu dan untuk bangsa kita.



DAFTAR PUSTAKA

http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:8rybBZaRP4YJ:web.syarif.com/index.php%3Foption%3Dcom_docman%26task%3Ddoc_download%26gid%3D51%26Itemid%3D54+mengembangkan+jiwa+kewirausahaan&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-a

http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:Vh4utyAWeb0J:www.infokursus.net/download/0206101220BUKU_2_MODUL_1_MEMBANGUN_JIWA_KWU.pdf+mengembangkan+jiwa+kewirausahaan&cd=2&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-a

1 komentar:

  1. Iron Man: The Wily Wars - titanium illumination
    The Wily Wars - titanium trim walmart titanium illumination on the Wily Wars (the wily-wily) display for the first micro touch hair trimmer time with the 3 x 2 microtouch trimmer x 2 x 2 x 1 x 1 smith titanium x 1; titanium quartz 3 x 2 x 1 $4.99 · ‎Out of stock

    BalasHapus